Auto2000 Surabaya

ARTIKEL & PROMO AUTO2000 SURABAYA

Tips Dan Cara Merawat Mobil Transmisi Automatic

Toyota Surabaya, Hai bagi kalian pengguna mobil matic pastinya keinginan akan menjaga kualitas mesin agar berjalan dengan baik merupakan impian semua pengguna mobil ini. Transmisi Automatic sendiri merupakan transmisi yang di ringkas secara simpel oleh setiap produsen mobil, cukup menginjak pedal gas sudah bisa berjalan sendiri tanpa mengoper gigi transmisi layaknya mobil dengan transmisi manual. Keunggulan transmisi Automatic / matic ini lebih nyaman dan tidak membuat kaki pengemudi kesemutan karena capek apalagi disaat kondisi macet dan jalan tanjakan pastinya dengan menggunakan mobil dengan transmisi matic akan mempermudah anda ketika menjalankan aktifitas sehari hari.

Namun masih banyak dari pengguna mobil transmisi matic tidak tau bagaimana cara merawat transmisi matic dengan benar alhasil banyak mobil dengan transmisi matic masih berumur 5 tahun sudah bolak balik ke bengkel untuk melakukan servis, jadi apa yang harus di lakukan untuk menjaga performa mesin mobil matic agar tetap awet dan baik ? yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Mengecek Oli
    Oli merupakan pelumas piston  /cylinder mesin yang akan memberikan gaya penggera yang berakhir di roda mobil, Sebagaimana tugas oli mesin ini menjadi sebuah pelumas piston mobil maka secara pasti anda wajib mengecek kadar oli yang ada di dalam mesin mobil terutama bagi anda yang sering bepergian luar kota pastinya harus wajib mengecek oli 2 minggu sekali agar tau kondisi mesin dan kondisi oli itu sendiri. Resiko terburuk dari kehabisan sebuah oli mesin mobil ialah kerusakan mesin yang sangat fatal karena piston mesin yang haus dan bergesekkan besi dengan besi akan menyebabkan panas dan meletus pada mesin mobil. Jadi mulai sekarang disiplinlah untuk mengecek oli mesin anda dan lakukan pengecekkan setiap 2 minggu sekali.
  2. Memanaskan Mesin
    Melakukan pemesanan mesin di setiap hari sebelum aktifitas selama 15 menit merupakan hal yang sangat penting sebelum di lakukan. Dengan anda memanaskan mesin mobil sebelum di pakai akan membuat mesin mobil lebih siap dari pada langsung di pakai sebelum di panaskan terutama dari kondisi aki. Entah penggunaan aki kering atau aki basah anda harus benar benar malakukan pemasanan agar kelistrikan mobil anda akan terjaga dengan baik. Dan juga ketika kalian melakukan pemasanan mobil usahakan tuas transmisi mobil berada di posisi N.
  3. Meninjau Penggunaan Gigi Transmisi Saat Berkendara
    Penggunaan mobil matic sangat jauh berbeda dengan mobil manual banyak yang tidak mengetahui dan hanya melakukan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mesin. Contoh simple anda harus tau kapan anda harus menggunakan gigi P dan gigi N semisal anda sedang dalam kondisi macet di jalan anda harus tau untuk mengoper gigi tuas ke transmisi N bukan P karena sejatinya P hanya untuk parkir dan mematikan mesin mobil saja.
  4. Servis Berkala
    Servis berkala pada mobil bukan bertujuan untuk menghabiskan uang anda tapi merawat sebuah kendaraan yang akan membuat anda nyaman dalam bepergian juga sangat penting. Lakukan service dengan benar dengan cara melihat buku service, untuk mobil Toyota rata rata melakukan servis di kelipatan 10,000 KM / 6 Bulan mana yang tercapai lebih dulu. Dalam setiap anda melakukan service selalu tanyakan mengenai kondisi mobil dan performa mesin anda, dan selalu mintalah tips dan cara untuk merawat mobil di bagian tertentu dengan begitu anda akan tau apa yang harus anda lakukan untuk merawat sebuh mesin mobil yang baik dan benar.
  5. Melakukan Safety Driving Yang Benar
    Safety driving diajarkan bukan untuk berlama lama di jalan dan juga berlelet ria di jalanan, tapi dengan tujuan memberikan cara bagaimana mengemudikan dan mengprasikan gigi transmisi mobil yang baik dan benar. Sebagai contoh mobil Toyota Calya A dan Calya B sedang melakukan pebergian dengan tujuan dan berangkat dari kota yang sama tapi anehnya Toyota Calya B menghabiskan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Apa yang menyebabkan hal itu ? cara mengemudi yang salah dengan menginjak pedal gas terlalu dalam posisi mobil baru berjalan secara otomatis mesin akan memberikan daya yang lebih besar dan untuk katup pembakaran akan lebih menyerap bahan bakar yang banyak, kebut kebutan dengan alasan yang tidak masuk akal mungkin karena anda suka dengan kecepatan anda melajukan mobil dengan kecepatan tinggi, perlu anda ketahui kampas kopling yang terdapat di mobil dengan transmisi matic mempunyai tingkat keausan yang tinggi jadi anda harus benar benar tau dan bagaimana cara yang benar dalam mengemudi yang benar.

Mempunyai mobil dengan performa yang baik bisa di miliki oleh siapapun tinggal diri kita sendiri apakah mau melakukannya atau tidak. Dengan menjaga performa mesin anda yang baik juga akan memberikan efford yang cukup banyak mulai dari uang yang tidak sering keluar karena sering ganti parts dan servis, ketika mobil di jual akan mendapatkan harga yang baik karena kualitas faktor mesin juga sangat mendukung dan anda tidak khawatir dan trauma menggunakan mobil yang anda miliki. Jadi mulailah dari sekarang, Be good Toyota’s User Guys!!

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *